Cegah Penularan Covid-19 Melalui Work From Home

INFO

Mewabahnya virus corona akhir-akhir ini dan menjadi pandemic yang melanda dunia termasuk Indonesia khususnya kota Purwokerto, mendorong SMK Negeri Kebasen untuk turut serta menerapkan Work from Home sebagai langkah melaksanakan anjuran pemerintah dan alim ulama dalam rangka  mencegah penularan virus tersebut, serta menghindari kemudharatan dan mencari kemaslahatan.

Melihat hal ini, Kepala SMK Negeri Kebasen, P. Widiyanto, S.Pd menilai banyak hikmah yang bisa diperoleh bagi dunia pendidikan dalam menjalankan Work from Home dengan berdiam diri dirumah hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

Menurutnya, hikmah yang bisa diambil yaitu dapat beristirahat dari rutinitas yang biasa dilakukan dilingkungan sekolah, serta berkumpul secara intens bersama keluarga. “Barangkali setengah hari bahkan sehari tidak bisa berkumpul lengkap,
sekarang Ayah, Ibu, anak dan semuanya berkumpul dirumah sehingga bisa mempererat rasa kekeluargaan,” ungkapnya.

Selain itu, bagi siswa siswi SMK Kebasen yang saat ini menjalankan Ujian Sekolah dengan sistem Ujian Sekolah Online, bisa menjadi satu pengalaman baru tentang sistem yang ada di dunia pendidikan, bahwa dalam situasi tertentu apapun bisa dicoba dalam mencapai tujuan baik dunia pendidikan.

Dia juga mengatakan, Work from Home bagi guru adalah mengimplementasikan banyak hal dalam meningkatkan mutu serta kualitas ke-guru-annya, dengan fasilitas teknologi informasi masih bisa mengelola kelasnya. Juga bisa  belajar banyak hal dengan menulis, mengangkat tema-tema yang didapat dari kasus pandemic corona ini dan menjadi inspirasi,” jelasnya.

Dari apa yang dijelaskannya tersebut, Kepala Sekolah menekankan untuk bisa menghadapi dan menikmati proses Work from Home ini untuk tetap tinggal dirumah dengan melaksanakan berbagai aktifitas yang berguna. “Jenuh dengan aktifitas belajar dan menulis, bisa berkebun, menanam sayuran dan lainnya. Banyak yang bisa kita lakukan dirumah,” paparnya.

Situasi seperti ini, menurut Kepala Sekolah dapat dimanfaatkan juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan berbagai aktifitas ibadah. “Tidak lupa setiap selesai shalat Maghrib, Isya dan Subuh untuk membiasakan diri membaca Al Quran dengan metode  1 page 1 day atau 1 juz 1 day, ataupun dengan membuat grup media sosial bertemakan tadarus sesuai dengan keinginan masing-masing,” jelasnya.

Tentu Kepala Sekolah pun berharap agar pandemic ini segera berakhir. Dia mengajak seluruh warga SMK Negeri Kebasen untuk selalu berdoa agar mendapat perlindungan dari wabah ini sehingga ibadah dapat lebih ditingkatkan.

Hikmah lain  yang bisa diperoleh dari kondisi ini, Kepala Sekolah menambahkan, ketika virus ini menghilang, untuk menjadikannya sebagai motivasi dalam meningkatkan ibadah dan sedekah, serta kebiasaan dalam berbuat baik yang dilakukan tidak hanya dalam kesusahan saja tapi dalam  kondisi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *